Tanggal:April 11, 2021

Dart Basic #1: Yuk Kenalan dengan Bahasa Dart

Waw is amazing, pada tutorial kali ini Bigsource Edu akan membahas tentang bahasa dart. Ini adalah seri artikel pertama dari serangkaian artikel belajar pemrograman dasar dart. Bahasa dart ini cukup naik daun sekarang ini, banyak para programmer yang mulai intensif untuk mempelajari bahasa dart ini lohh. Temen-temen ada yang tau? Kenapa bisa se-signifikan ini peningkatannya? Yapp.. karena dart ini digunakan di framework Flutter. Apa itu Framework Flutter?

Flutter adalah framework buatan dari mbah google. Hehe.., dimana framework ini bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi mobile (Android maupun IOS), Website, dan juga Dekstop. Waw, mantap kali bukan, satu framework bisa untuk membuat aplikasi berbagai macam platform, ini luar biasa sekali. Nah, jadi sebenernya Flutter itu lebih fokus ke sisi UI/ tampilan interface-nya. Flutter ini menggunakan material ui untuk membuat aplikasi dengan tampilan lebih bagus dan cantik. Flutter lebih fokus ke arah tampilan.

Lalu, untuk sisi logic-nya, sii Flutter ini menggunakan bahasa dart. Nah, dari sini temen-temen sudah mulai paham kenapa bahasa dart bisa naik drastis penggunanya. Karena bahasa dart digunakan di framework Flutter ini. Jadi kita bisa fokus ke satu bahasa pemrograman dart saja, tapi kita bisa membuat aplikasi lintas platform, ini sangat menghemat energi dan lebih efesien budget tentunya. Karena sekali koding kita bisa build ke berbagai platform. Mantul tennanlah… wkwk

Abdan Zam Zam Ramadhan

Saya Abdan Zam Zam Ramadhan, seorang full-stack developer, pengusaha dan Founder BigSource Project. Saya tinggal di Bandar Lampung. Saya suka menulis tutorial dan tips seputar materi pemrograman. Saya penggemar cukup berat dengan beberapa framework, diantaranya: Laravel, Bootstrap, React.js, Vue.js, Flutter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!