Tanggal:June 23, 2021

PHP Basic #2: Instalasi Web Server

Seperti yang sudah dijelaskan pada part 1 PHP harus di jalankan dari sisi server atau dari komputer server, maka pada bagian kedua di tutorial belajar PHP dasar ini akan di jelaskan tentang cara instalasi Web Server untuk membuat localhost, maka kamu perlu menginstall web server di PC atau laptop anda. untuk menjadikan laptop atau pc anda sebagai web server yang mampu menjalankan syntax atau file PHP. jadi pada tutorial Belajar PHP Part 2 : Instalasi Web Server Di Windows ini akan di jelaskan tentang cara instalasi web server di laptop atau pc.

Pengertian Web Server

Web Server adalah layanan yang memiliki fungsi untuk received (menerima) request atau permintaan dari HTTP/HTTPS dari client melalui web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lain-lain) dan mengirimkan kembali hasil request kepada client berupa halaman website yang umumnya berbentuk berekstensi .HTML atau .PHP

Ada beberapa contoh jenis web server yang paling populer dan paling banyak di gunakan yaitu Apache dan Microsoft Windows Server milik dari Perusahaan Microsoft.

Pengertian Localhost

Localhost merupakan server local atau web server yang bekerja atau berjalan pada laptop atau pc anda. alamat IP dari localhost adalah 127.0.0.1 yang kemudian di terjemahkan menjadi LOCALHOST. jadi localhost terletak pada pc atau laptop anda. anda membutuhkan localhost untuk menjalankan file berekstensi .php. Ingat PHP hanya dapat berjalan pada sisi server oleh karena itu PHP di sebut sebagai Pemrograman Server Side atau berada pada sisi server.

Localhost dijadikan sebagai server sementara pada saat pengembangan aplikasi yang berbasis website sebelum di hosting kan atau di online kan. Localhost hanya dapat di akses dari laptop atau pc anda sendiri dengan cara mengakses langsung pada web browser dengan alamat IP dari localhost yaitu http://127.0.0.1 atau bisa juga dengan mengakses http://localhost. maka halaman akan di alihkan ke localhost tempat anda membuat project aplkasi yang berbasis website. Jadi inti dari localhost adalah server local yang di pasang pada pc atau laptop anda untuk dapat menjalankan file PHP karena PHP memiliki sifat server side atau bekerja pada sisi server. Pada kali ini kita akan menggunakan software XAMPP untuk menjalankan local server. Untuk cara penginstalan web server sebenarnya tidak hanya XAMPP yang memiliki fungsi untuk menginstall localhost, ada juga WAMPP dan LAMPP untuk linux. tetapi pada contoh cara instalasi web server di windows ini kita akan menggunakan XAMPP.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah software (perangkat lunak) untuk menginstall localhost pada pc atau laptop. XAMPP adalah aplikasi tidak berbayar aliais gratis. sehingga banyak para pengembang web (Web Developer) menggunakan XAMPP untuk menginstall localhost dan mysql karena selain gratis, xampp juga sangat powerfull dalam menegement data dan cara penginstalannya.

Dengan menginstall XAMPP maka database MySQL dan phpmyadmin juga akan ikut terinstal secara otomatis. MySQL dibutuhkan untuk penyimpanan database website anda. dan dapat mengelola database dengan mudah dan instan melalui PhpMyAdmin.

Cara Instalasi Web Server di Windows

Untuk tahap cara penginstalan XAMPP anda harus men-download terlebih dahulu aplikasinya. anda dapat men-downloadnya langsung dari website resminya. https://www.apachefriends.org/download.html

Kemudian double klik pada master XAMPP yang sudah di download. Kemudian anda hanya tinggal mengikuti intruksi penginstalan XAMPP nya langsung seperti cara menginstall aplikasi windows lainnya.

Nah, jika anda sudah melakukan penginstalan XAMPP sesuai prosedur maka langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah XAMPP sudah berjalan dengan baik ? cara nya buka shortcut XAMPP.

Jika sesuai dengan instruksi harusnya akan tampil gambar di atas. klik pada tombol start pada Apache di kolom action untuk mengaktifkan localhost dan MySQL untuk mengaktifkan database MySQL. kemudian ketikkan http://localhost atau bisa juga http://127.0.0.1 pada web browser yang anda gunakan. maka akan muncul intruksi penggunaan XAMPP sebagai berikut:

Selamat server local di perangkat kamu sudah terinstal. Sekian Belajar PHP Bagian 2 : Instalasi Web Server Di Windows. selanjutnya pada Belajar PHP Part 3 anda akan mulai mempelajari cara penulisan syntax php dasar dan cara menjalankannya di localhost.

Share
Aslam Abdullah

Code Enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!