Tanggal:January 23, 2021

PHP Basic #4: Variabel PHP

Pada basic PHP Basic #4, diasumsikan kamu udah mengikuti seri sebelumnya, kamu sudah tau kurang lebih PHP itu apa sih, cara penulisan PHP yang benar dan cara menginstal web server di laptop atau komputer kamu. Pada tutorial belajar PHP basic #4 kamu akan mengenal variabel dan gimana cara penulisan variabel pada Bahasa pemrograman PHP.

Pengertian Variabel pada PHP

Singkatnya variabel adalah tempat atau wadah untuk menyimpan data sementara. Sama seperti Bahasa pemrograman lainnya kalau kamu sudah belajar bahasa pemrograman lain konsepnya kurang lebih sama. Variabel bisa dikatakan sebagai penyimpan informasi atau data sementara di dalam pemrograman. Bisa berupa integer, string dan lainnya yang akan dijelaskan di seri tutorial setelah ini. Untuk pada seri ini kita akan membuat variabel, memberikan nilai atau isi variabel, mengupdate/ mengubah nilai atau isi variabel.

Cara Penulisan Variabel di PHP

Penulisan variabel di php mempunyai ketentuan tersendiri. Berikut adalah beberapa aturan penulisan variabel di php :

  1. Penulisan variabel PHP diawali dengan $.
  2. Variabel PHP bersifat Case Sensitif atau penggunaan besar kecil huruf yang digunakan untuk menulis variabel akan diperhitungkan.
  3. Kemudian untuk mengisi suatu variabel dengan nilai, kamu bisa langsung menambahkan tanda “=” (sama dengan)
  4. Jika kamu ingin menuliskan nilai berupa tulisan (string) kamu harus mengapitnya dengan “” (petik dua/petik satu).
  5. Jika kamu ingin menuliskan nilai berupa angka (integer) kamu tidak perlu mengapitnya dengan petik.

Poin diatas adalah cara penulisan variabel di PHP. Berikut contoh penulisan variabel :

<?php
$nama = "Budi";
$umur = 20;
?>

Apakah dengan menulis variabel saja kamu akan mendapatkan nilai pada layar ?, coba dulu saja!. Jawabannya tidak, karena sintax di atas hanya menuliskan variabel dengan nilai didalamnya tanpa menampilkannya. Pada PHP basic #3 kamu sudah dijelaskan perintah “echo” di php yang berfungsi untuk menampilkan data, maka pada tutorial ini kita akan menerapkannya untuk menampilkan nilai dari variabel di dalamnya.

Buat sebuah file php dan simpan pada localhost (C://XAMPP/htdocs/). di sini file php tersebut saya beri nama belajar.php. kemudian isi dengan syntax berikut:

<?php
$nama = "Budi";
$umur = 20;
echo $nama;
echo "<br/>";
echo $umur;
echo "<br/>";
echo "Perkenalkan nama saya ".$nama." dan saya berumur ".$umur;
?>

Untuk echo “<br/>” (break) digunakan untuk membuat tulisan menjadi lebih rapih karena dengan menambahkannya akan membuat baris baru sehingga tampilan pada browser akan mudah kita baca dan tanda titik(.) digunakan untuk memisahkan string dan variabel.

kemudian akses di browser dengan alamat http://localhost/belajar.php. dan jangan lupa mengaktifkan apache terlebih dahulu.

Update Isi Variabel

Seperti yang sudah dijelaskan di awal variabel pada php juga bisa di update isinya. perhatikan contoh berikut:

<?php
$alamat = "Bandar Lampung";
$alamat = "Jakarta";
echo $alamat;
?>

dan hasilnya akan muncul Jakarta. Karena nilai Bandar Lampung sudah di update atau di timpa pada variabel yang namanya sama dengan bandung sebagai nilainya.

Selamat kali ini kamu sudah mengerti bagaimana konsep dari variabel di bahasa pemrograman PHP, materi selanjutnya adalah tipe data yang pastinya lebih seru lagi dan dapat meningkatkan pengertian mengenai konsep variabel.

Share
Aslam Abdullah

Code Enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!