Tanggal:January 23, 2021

PHP Basic #8 : Mengenal Function pada PHP

Function adalah intruksi dalam bahasa pemrograman yang di buat untuk mempersingkat sebuah aksi yang ingin di lakukan di dalam sebuah penulisan kode program. dan function dapat di panggil berkali-kali untuk melakukan tugas tertentu dalam penulisan kode program.

Contoh pada kehidupan nyata adalah ketika kamu memerintahkan teman kamu untuk menghidupkan lampu. jadi pada proses menghidupkan lampu oleh teman kamu diantaranya proses bangun dari tempat duduk teman kamu kemudian dia menekan tombol saklar lampu untuk menghidupkan lampu. Satu kesatuan proses tersebut akan menjadi satu kesatuan yaitu perintah untuk menyalakan lampu, akan sangat tidak efektif jika kamu memerintahkan teman kamu untuk menghidupkan lampu tetapi kamu memerintahkan nya secara berulang-ulang misalnya pertama kamu menyuruhnya untuk bangun dari tempat duduknya kemudian menyuruhnya untuk menekan tombol saklar lampu untuk menghidupkan lampu, tentu akan hanya menyita waktu dan tenaga. oleh karena itu pasti kamu hanya menyuruh tolong nyalakan lampu saja.

Jadi proses yang ada di dalam proses menyalakan lampu tadi tidak perlu lagi kamu sebutkan karena sudah terdapat di dalam proses menghidupkan lampu. Supaya lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini:

<?php
function tampilkan_nama(){
echo "Nama saya Budi";
}

tampilkan_nama();
?>

Dari contoh di atas pasti kamu sudah paham dengan function, kamu dapat membuat perintah yang dapat kamu panggil berkali-kali. Pada contoh diatas, kamu membuat sebuah perintah (function) yang bernama tampilkan_nama berisi perintah “echo ‘nama saya Budi”. Sehingga pada saat perintah tampilkan_nama di panggil/disebut maka akan di tampilkan ‘nama saya Budi’.

Cara penulisan function PHP harus di awali dengan syntax funciton yang menjelaskan bahwa yang kita buat adalah function dan nama dari functionnya tidak boleh mengantung spasi. kemudian di tutup dengan tanda kurung pembuka dan kurung tutup “ () “. dan isi dari perintah pada function terdapat di dalam tanda kurung kurawal pembuka ” { ” dan tanda kurung kurawal tutup ” } “. cara pemanggilan function nya kamu hanya perlu memanggil nama dari functionnya dan memberikan tanda buka dan tutup kurung ” () ” seperti contoh di atas.

Share
Aslam Abdullah

Code Enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!